AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA

AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA

MARI BELAJAR




KARANG TARUNA "REMAJA BINA CITRA", Desa Banaran, Kec. Geger, Kab. Madiun, Jawa Timur




Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 20 Oktober 2009

KILAS BALIK KARANG TARUNA RBC


  • ORGANISASI




  • Homehtm
    LATAR BELAKANG
    KARANG TARUNA
    Pengurus
    Kegiatan Nyata
    RJP 1
    RJP 2
    HADIR
    KARANG TARUNA RBC
    BIODATA






    Karang Taruna RBC






    KARANG TARUNA

    REMAJA BINA CITRA(RBC)

    Desa Banaran, Geger, Madiun



    ORGANISASI KAMI



    LATAR BELAKANG

    SEJARAH BERDIRINYA RBC

    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA

    KEGIATAN KARANG TARUNA
    Rencana Jangka Pendek Rencana Jangka Panjang



    LATAR BELAKANG


    Bagi sebagian kalangan, Karang Taruna dinilainya sebatas sebagai wadah kaum muda yang tak kunjung memiliki prestasi kerja. Lainnya bahkan sinis menyatakan sebagai organisasi massa bentukan Orde Baru yang kini tak lagi beraktifitas.
    Munculnya sejumlah penilaian negatif tersebut memang tak lepas dari kenyataan bahwa Karang Taruna lahir di waktu pemerintahan masa lalu. Namun benarkah sekarang Karang Taruna benar-benar telah kehilangan esensi dari keinginan luhur pembentukannya?
    Nama Karang Taruna, sejatinya masih begitu popular di kalangan sebagian besar anak muda. Karena memang lembaga ini merupakan wadah anak muda untuk berkreasi dan membina diri.
    Potensi mereka sangat besar. Ini dikaitkan dengan energi muda yang bisa menjadi kekuatan positif jika dikembangkan dan diarahkan menuju hal yang positif. Selain itu, secara kuantitas, jumlah generasi muda juga sangat besar di Indonesia.
    Karena itu, Karang Taruna perlu dibina dan diberdayakan lagi. Tujuannya agar bisa menjadi kekuatan besar dalam pembangunan bangsa.
    Untuk itu maka dalam menepis anggapan masyarakat, maka Karang Taruna Remaja Bina Citra Desa Banaran, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, membuktikan bahwa karang Taruna itu bisa berbicara didepan Masyarakat.
    Keberadaan karang taruna sendiri sangatlah positif bukan hanya sebagai sebuah organisasi tapi juga sebagai wadah pembinaan generasi muda.
    Eksistensi karang taruna juga sudah sangat dirasakan seperti adanya kegiatan Bhakti sosial, cara menghindari Narkoba dan menjauhinya, dialog pembangunan, pembentukaan Sinoman dan pelaksanaannya serta kegiatan lainnya.
    Pengurus yang telah dikukuhkan,diharapkan untuk membuat program yang dapat diaktualisasikan dan benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat bukan program yang mengawang-awang di angkasa. Karang taruna kedepan diharapkan dapat lebih maju dari organisasi lainnya serta dapat menjadi mitra pemerintah dengan program kerja yang jelas dan realitis. Pengurus yang baru diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya, serta dapat terus menjaga agar suasana yang ada tetap kondusif , sehingga program – program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan.
    Karena Desa Banaran merupakan Desa kecil yang tidak didukung dengan Sumber Daya Alam, maka memerlukan generasi muda yang handal, kreatif dan mandiri serta mampu menciptakan inovasi. Pemuda jangan hanya pandai beretorika saja, tetapi pemuda diharapkan bisa berkreatif dan inovatif, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bagi bangsanya.
    Kegiatan - kegiatan karang taruna yang pernah kami laksanakan adalah mulai kegiatan kemasyarakatan, organisasi dan Individu.

    Contoh - contoh kegiatan yang pernah kami adakan adalah:
    • 1.Kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh karang Taruna kami adalah berupa Bahkti sosial, yaitu pembersihan Jalan, Pemasangan Lampu Jalan dan lain sebagainya.
    • 2.Kegiatan keagamaan seperti peringatan MAULUD NABI Muhammad SAW, Halal Bihalal dan lain – lain.
    • 3.peringatan Hari Kemerdekaan RI, yaitu mengadakan perlombaan – perlombaan yang melibatkan masyarakat
    • 4.Kegiatan yang menyangkut organisasi yaitu peringatan HARI ULANG TAHUN KARANG TARUNA

    LATAR BELAKANG

    SEJARAH BERDIRINYA RBC

    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA

    KEGIATAN KARANG TARUNA
    Rencana Jangka Pendek Rencana Jangka Panjang



    SEJARAH BERDIRINYA RBC


    Karang Taruna Remaja Bina citra, adalah organisasi kepemudaan yang telah berdiri pada tanggal 14 September 1999, di Desa Banaran, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, yang disesepuhi oleh Bapak Chambali.
    Dalam kurun waktu hampir 8 tahun lebih, Karang Taruna Remaja Bina citra telah berganti kepemimpinan 2 kali. Waktu berdiri Karang Taruna RBC, dipimpin langsung oleh Bapak CHAMBALI, kemudian karena
    untuk lebih membuat suasana baru, maka pada tanggal 14 September 2000 kepemimpinan Karang Taruna diberikan kepada saudara SUDARTO.
    Dalam kepemimpinan saudara SUDARTO karang Taruna mengalamai perkembangan Maju Mundur
    Kemudian mulai tahun 2009 ketua karang taruna dipegang oleh saudara Didik Purwadi. Semoga karang taruna terus maju dan semakin jaya, amien



    LATAR BELAKANG

    SEJARAH BERDIRINYA RBC

    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA

    KEGIATAN KARANG TARUNA
    Rencana Jangka Pendek Rencana Jangka Panjang



    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA


    Dalam kepemimpinan saudara SUDARTO KARANG TARUNA berkembang pesat, mulai kegiatan yang menyangkut langsung Individu ataupun organisasi.
    Kegiatan yang dilaksanakan itu antara lain yaitu kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat, seperti pelaksanaan peringatan HUT RI, peringatan hari besar keagamaan dan lain - lain.
    Selain itu juga mengadakan kegiatan yang bisa menjadi usaha dalam Karang Taruna, yaitu SINOMAN, Pembuatan KRIPIK, dll. Sinoman yang pernah dilaksanakan adalah Sinoman
    yang ada di DESA BANARAN (intern) dan juga sinoman yang diluar DESA BANARAN, bahkan sampai di luar KABUPATEN MADIUN, yaitu di KABUPATEN MAGETAN.Tetapi untuk sekarang kami haya melanyani didalam Desa saja.
    Dalam perkembangannya usaha lainnya yaitu pembuatan keripik MANDEK / TIDAK DITERUSKAN karena faktor modal dan juga pekerjanya. Dimana pekerjanya yang adalah anggota KARANG TARUNA pendapatannya minim sekali maka banyak anggota kami yang
    pergi merantau keluar Negeri, seperti ke MALAYSIA, BRUNEI, KOREA SELATAN, TAIWAN dll.
    Karena hal - hal tersebut, maka kami kesulitan untuk berkembang, disebabkan faktor dari intern anggota yang sekarang ini kebanyakan masih sekolah, sehingga nanti apabila di ajak usaha, nanti kasihan sekolahnya.. Dan untuk sekarang ini anggota kami adalah mayoritas dari anak SEKOLAH. Karena hal tersebut, maka KARANG TARUNA kami untuk sekarang ini sulit untuk berkembang
    dan sulit untuk membuat KARANG TARUNA kami maju.dalam artian mempunyai usaha sendiri.

    Tetapi sekarang untuk tahun 2007, Karang Taruna MENGALAMI KEMUNDURAN karena
    kegiatan Karang Taruna hanya difokuskan pada kegiatan didalam organisasi, seperti arisan, dan kegiatan keorganisasian yang lainnya.
    telah dirasakan banyak manfaat dan kegunaaan yang diperoleh para anggota, baik mulai anggota pertama dan adik – adiknya sekarang.
     Karang taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda kini keberadaannya benar-benar telah dirasakan masyarakat dinantikan wujud nyatanya. Terbukti dengan banyaknya berbagai kegiatan yang diadakannya selalu diminati warga masyarakat. Dapat dikatakan karang taruna sudah ada di hati masyarakat, nah oleh karenanya saat ini karang taruna menjadi tumpuan bagi pembangunan masyarakat.
    Berbagai aktivitas sudah harus dipersiapkan, karena masyarakat sudah menunggu kiprah karang taruna.




    LATAR BELAKANG

    SEJARAH BERDIRINYA RBC

    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA

    KEGIATAN KARANG TARUNA
    Rencana Jangka Pendek Rencana Jangka Panjang



    KEGIATAN KARANG TARUNA


    Dalam perkembangannya karang taruna REMAJA BINA CITRA, Desa Banaran mengalami pasang surut. Mengikuti alur maju mundurnya perkembangan anak muda.








    Gambar 1 :
    Kegiatan karang taruna dalam rangka Bhakti sosial membersihkan jalan.






    Gambar 2 :
    Kegiatan dalam rangka mengisi peringatan hari kemerdekaan RI






    Gambar 3 :
    Pembuatan balon percobaan dengan bahan bakar inti Balok Es, waktu peringatan hari jadi karang taruna yang ke – 3.

    RJP.

    LATAR BELAKANG

    SEJARAH BERDIRINYA RBC

    PERKEMBANGAN KARANG TARUNA

    KEGIATAN KARANG TARUNA
    Rencana Jangka Pendek Rencana Jangka Panjang









    Rencana Jangka Pendek



    Rencana Jangka Pendek Karang Taruna antara lain:

    • Mampu melaksanakan kegiatan - kegiatan karang taruna . .
    • Menjadikan setiapa anggota mampu bertanggungjawab pada dirinya ataupun kepada kelompok dan masyarakat serta bangsa dan negara.
    • Menciptakan Generasi muda yang menjadi tulang punggung bangsa dan Negara Republik Indonesia

    Rencana Jangka Panjang dan Jangka Pendek.

    Rencana Jangka Panjang

    Rencana jagka panjang karang taruna adalah:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    OK .............. LAH

    free counters

    JUMLAH PENGUNJUNG MULAI PER 24 JUNI 2010 DARI TIAP NEGARA